disclaimer : postingan ini sama sekali gak bermaksud merendahkan / mendiskreditkan profesi telemarketer dan mohon maaf sebelumnya jika ada telemarketer yg terdampar disini dan merasa tersinggung 🙂 bagi saya seluruh profesi bagus, hanya kebetulan saya sering terganggu dgn praktek2 telemarketer yg kebetulan juga kebanyakan kurang banyak pemahaman produknya saat memprospek saya 🙂
gw post cerita ini karna terinspirasi komen2 di path gw saat gw isenk nulis cerita gw menghadapi telemarketer.. byk yg bilang tips n cara gw bagus dan mereka belum tau sebelumnya, jadi pada mau ikutan praktekin.. siapa tau temen2 blog juga terbantu yah 😛
jadi Lembaga Keuangan terbagi menjadi 2, bank dan nonbank.. sebelum dibentuknya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau gw sebutnya Financial Service Authority (FSA), lembaga yg mengatur praktek perbankan di Indonesia adalah Bank Indonesia (BI) dan lembaga yg mengatur lembaga keuangan nonbank di antaranya Bursa Efek / Perusahaan Sekuritas (baik jual saham maupun obligasi), Mutual Fund Manager (Reksadana), perusahaan asuransi, lembaga pembiayaan (leasing) dan pegadaian semua diatur oleh Badan Pengawas Pasar Modal – Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).
sejak 2014 seluruh pengawasan Pasar Uang dan Pasar Modal di Indonesia dialihtugaskan ke OJK.. kebetulan gue ada kenalan deket yg bekerja disana jadi ikut belajar banyak tentang sistem, peraturan, fungsi dan peran OJK ini (gw juga aktif dan full interested di bidang keuangan soalnya).
salah satu peraturan yg dibentuk OJK dan sangat gw suka adalah larangan mereka bagi seluruh lembaga keuangan (bank maupun nonbank) untuk menawarkan produknya via telepon atau SMS, termasuk dilarang praktek telemarketer lagi untuk perbankan dan perusahaan asuransi donk (sejauh ini yg suka ganggu gw paling parah adalah telemarketer dari bank yg nawarin pinjaman mcm2 or kartu kredit, sama telemarketer yg nawarin produk asuransi) 😀 😀
sebelum tau ada peraturan OJK ini kan cape banget yah delete2in inbox SMS di HP yg isinya tawaran dana tunai, KTA (Kredit Tanpa Agunan), KPR (Kredit Pemilikan Rumah), KKB (Kredit Kendaraan Bermotor), kartu kredit dan berbagai tawaran lainnya dari bank.. gw juga sering delete2 inbox SMS dari perusahaan asuransi yg nawarin jaminan perlindungan jiwa or kesehatan dengan premi rendah, tanpa medical check up dll dll..
soal telepon jangan ditanya, nomor HP utama gw kan udah lama dipake dan gw yakin udah nyebar kalo nomor2 begini di kalangan telemarketer, jadi dulu tuh sering banget dapet telepon dari nomor ga dikenal nawarin produk2 begitu juga, biasa gw jutekin dengan bilang ga butuh and lagi sibuk. kalo telemarketer yg pinter sih akan berenti saat gw jutekin.
ada juga telemarketer yg tipe maksa bilang denger dulu bu, apa ga sayang fasilitas ini dilewatkan begitu aja dll.. asli minta diomelin, kalo tuh orang lagi hoki gw cuma matiin aja teleponnya lgsg jadi dia ga kena semprot, tapi kl telemarketernya lagi bernasib sial harus denger gw ceramahin balik sambil ngomel2 gualakk.. (yg kenal gw in person pasti kebayang gimana galaknya gw ngomelin telemarketer yg suka maksa hahaha)..
biasa gw suka ceramahin balik dengan ngebales semua omongan dia tentang kenapa gw butuh kartu kredit or cicilan dan pinjaman tunai itu (Thank God belom butuh utk saat ini), kenapa gw butuh asuransi yg dia tawarin (gw dah punya beberapa asuransi kok, yg gw rasa butuh n menguntungkan).. lahh saya sekolah dan kerja di lembaga keuangan udah lama bu, udah kenal seluk beluk produk2 yg anda tawarin..
gw ajak bikin itung2an profitnya juga dia mabok *please notice bahwa ga semua telemarketer cuma bisa nawarin produk tanpa tau detail dan ikutan ngitung profit dr produknya.. kebetulan telemarketer2 yg gw hadapi aja selama ini begitu, aslinya gw percaya ada telemarketer yg pinter dan ngerti kok diajak itung2an nilai produk 🙂
sejak peraturan OJK ini ada, gw berasa banget loh berkurang drastis telepon2 n SMS yg nawarin produk2 ini lagi.. kalopun masih ada SMS, pada nyadar ga isi SMS nya ga nyebut nama perusahaan yg dia tawarin produknya? karna ga boleh dan dia bisa dilaporin ke OJK dgn tuduhan melanggar larangan nawarin produk via sms n telpon tanpa persetujuan dari pemilik nomor HP yg bersangkutan 😀
hal ini pernah dibahas sama dosen gw juga di kelas Financial Institution and Capital Market (FICM).. dia udah praktekin duluan, setiap ada telemarketer nawarin produk perbankan n lembaga keuangan (terutama asuransi), akan dia omelin dan ingetin kalo mereka udah dilarang OJK begitu lagi, dan apakah mereka siap kalo dilaporin ke OJK karna udah nelepon2 dia.. *menurut gw belom tentu perusahaannya yg salah, bisa aja perusahaannya udah nurutin OJK, tapi telemarketernya yg masih bandel 😀
gw skrg juga selalu menghapal kalimat begini kalau ada telepon yg nawarin pinjaman dana tunai, kartu kredit, asuransi, dll :
maaf bu/pak, bukankah menurut peraturan OJK, perbankan / lembaga keuangan (tergantung produk apa yg dia tawarin) udah ga boleh menawarkan produknya via telepon lagi tanpa persetujuan orang yg ditelepon yah? saya ga pernah mendaftarkan nomor HP ini utk mendapat penawaran2 produk anda via telepon loh 🙂
so far selalu berhasil, pasti telemarketernya lgsg minta maaf dan nutup telepon kok. makanya gw belom pernah sampe ngelaporin beneran ke OJK,, kalo suatu saat ketemu telemarketer yg masih ngeyel udah dibilangin begitu, siap2 gw laporin ke OJK beneran kali ye *ngga juga sih, males lah hahaha
temen2 gw ternyata banyak yg barutau kalo telepon2 begini udah dilarang sama OJK dan mereka bisa ancem laporin kalo udah merasa keganggu, so sharing gw di path lumayan berguna dan bantu temen2 gw deh.. next time mereka mau ikutin kata2 gw kalo ada yg nelpon nawarin produk perbankan or insurance 😀
semoga temen2 disini juga ada yg terbantu 🙂
with love,
Mey
leonyhalim
November 25, 2014 at 12:42 PM
Sampe saat ini, kalo ada telemarketer yang nawarin… pastiii gue ladenin dan gak asal tutup. Terus sengaja gue jawab2in. Apalagi kaalo gue lagi iseng. Seru bisa buang2 waktu die hahahaha. Tp kalo lg sibuk ya cepet aja blg lg nyetir. Yang parah tuh ud dibilang lg tidur tp msh maksa.
LikeLike
Mey Clarissa
November 25, 2014 at 12:44 PM
hahahah kalo lagi tidur mana bisa jawab ci 😛
aku jg kadang kl lg isenk suka kepo tanya2 balik, buang2 pulsa dan waktu dia aja padahal aku ga niat beli produknya 😀
asal nutup juga pernah kalo lagi moodnya jelek hahaha
LikeLike
dani
November 26, 2014 at 12:52 AM
Sama kayak BuLe. Hihihi. gw juga suka melakukan ini Mey. 😛 Lebih jahat ya. Hehehehe…
LikeLike
Mey Clarissa
November 26, 2014 at 10:32 AM
Yah abis daripada mengganggu mending dijahatin lgsg kan mas hahaha
LikeLike
Angela
November 25, 2014 at 1:04 PM
Oh gue baru tahu lho. Thanks for sharing Mey.
Biasanya sih jawaban standar: 1. saya nggak tertarik. kenapa nggak tertarik? ya emang gak boleh kalo nggak tertarik? *mulai nyolot, terus matiin telpon* 2. saya lagi meeting, telpon saya nanti lagi *matiin telpon* 3. saya lagi ngurus anak saya *biasanya diiringi dengan suara tangisan madeline di belakang, langsung matiin telpon*
Ngeselinnya mereka ini nelponnya nggak tau waktu, masa gue pernah ditelpon pas weekend, langsung aja gue jawab: Mas ini weekend lho, saya lagi spend time dengan keluarga saya, mas mengganggu. *matiin telpon*.
LikeLike
Mey Clarissa
November 25, 2014 at 1:36 PM
bener ci paling nyebelin kalo udah dijawab “saya ga butuh” and “saya ga tertarik” yg nelepon masih maksa seolah2 dia lebih mengerti kebutuhan hidup kita hahahah
aku beberapa kali jawabnya “saya lagi meeting” atau “saya lagi dijalan” terus lgsg matiin, eh niat banget 5 menit kemudian nelepon lagi 😦
LikeLike
bemzkyyeye
November 25, 2014 at 1:21 PM
TFS Mey, mulai skrg klo adalagi yg telp bakalan gw jawabin deh, abis suka maksa banget T_T
LikeLike
Mey Clarissa
November 25, 2014 at 1:37 PM
bener mba langsung galakin aja kaya gue tuh hahaha
LikeLike
rintadita
November 25, 2014 at 2:18 PM
kadang suka dilema sihh kalo angkat telp nomer asing, kalo ga diangkat takut penting, giliran diangkat taunya nawarin aneh2 -_- laen kali coba pake cara jawabnya Mey deh
LikeLike
Mey Clarissa
November 25, 2014 at 2:27 PM
Sama Dit dilemanya, kdg sk kasian kl telp dr no asing ga diangkat, tp sekalinya diangkat ternyata nawarin produk dan sekali ngmg ga berenti2 jd males jg ya hahaha
LikeLike
zilko
November 25, 2014 at 2:34 PM
Hahaha, baru tahu ada cara ini Mey. Lumayan lah ya nambah amunisi buat menangkal telepon/kontak dari telemarketer, hehehe 🙂 . Eh, tapi sebenarnya kalo dipikir2 sama aja ya dengan bilang nggak tertarik sama produknya dan langsung matiin telepon, hahaha 😛 . Maksudku, toh dengan mereka dibilangi begitu, kalau orangnya bandel ya tetap tidak akan membuat dia berhenti kan? Kecuali kalau sampai beneran ada sanksi yang tegas, hehe
LikeLike
Mey Clarissa
November 25, 2014 at 3:41 PM
Kl main matiin telpon, ada loh yg telemarketernya maksa nelpon2 lagi, sampe hrz diomelin baru berenti ngmg.
Sejauh ini blm prnh dgr sih ada telemarketer yg dilapor ke OJK karna maksa nawarin produk, tapi aslinya ada kok sanksi tegas kalo mmg ada yg melapor 🙂
LikeLike
mandor
November 25, 2014 at 3:20 PM
kalau ada telepon seperti itu ke hape saya, saya langsung minta temen sebelah untuk menelpon meja saya. Nahh … kedengeran kan telepon meja saya bunyi, maaf ya saya sedang sibuk. Klik, tutup.
LikeLike
Mey Clarissa
November 25, 2014 at 3:42 PM
Hahaha boleh juga tipsnya 😛
LikeLike
Sandrine Tungka
November 25, 2014 at 3:33 PM
Terima kasih buat infonya. Barusan aja aku nutup telpon telemarketer, dan baru tahu dari postingannya mey ternyata udah dilarang ojk. Aku pinjem kata2mu ya. Gemes soalnya seminggu belakangan ini kok banyak yang nelpon bahkan ada yg berkali2 telpon padahal udah ditolak berkali2.
LikeLike
Mey Clarissa
November 25, 2014 at 3:42 PM
Aku juga gemess kak, emang hrz dijawab begitu karena aslinya mereka udah ga boleh lho nawarin produk sembarang nelpon org.. Ngeganggu kan 🙂
LikeLike
Puji
November 25, 2014 at 6:24 PM
Thank you for the tips
LikeLike
Mey Clarissa
November 25, 2014 at 7:16 PM
sama sama mba Puji 🙂
LikeLike
Puji
November 25, 2014 at 7:54 PM
🙂
LikeLiked by 1 person
chyntia
November 25, 2014 at 6:35 PM
solusi jitu nih mey. kapan2 gw coba jawab pake alesan ini ya..
emang susah2 gampang hadepin telemarketer. >.<
kadang kalo gw lg baik hati, gw dengerin tuh org nyerocos. udah dibilang ga tertarik, eh malah ditanya: apa alesan nya ga tertarik?
dibilang lg meeting, telp mulu berkali2.
akhirnya langsung matiin aja deh daripada makan hati. mau ga mau mesti ga sopan deh sama org laen..
LikeLike
Mey Clarissa
November 25, 2014 at 7:17 PM
iya Chyn gw juga sering terpaksa harus galak n jutek sama telemarketer, soalnya mereka suka ngeyel sih dibilangin hahhaa
sip next time coba ngmg kaya gw aja yah, ancam laporin ke OJK 😛
LikeLike
cerita4musim
November 25, 2014 at 6:43 PM
wah ok banget ini info nya Mey…pasti ngebantu banget buat yg kerempongan ngejawabin telp sales2 bank ini ya.
LikeLike
Mey Clarissa
November 25, 2014 at 7:18 PM
iya kak Fe semoga membantu yah, semoga telemarketer bank yg suka maksa bisa nurut sama peraturan baru OJK ini 😀
LikeLike
Crossing Borders
November 25, 2014 at 7:12 PM
Post bagus, Mey! Makasih buat infonya! Mau dipake advisnya..hehehe..
LikeLike
Mey Clarissa
November 25, 2014 at 7:18 PM
sama2 kak Emmy 🙂
LikeLike
Marialc
November 25, 2014 at 8:33 PM
Aku baru tauu, hehehe telat yah. Tapi thanks infonya ya Mey, berguna bgt ni buat suami. Dia yg paling sering kena beginian, apalagi kl sms2 spam yg nawarin kta, dll sehari bisa lebih dari 3 kali. Ganggu banget ga sih itu. Huhuuu sebel ya kl bkin orang sampe terganggu gitu.
LikeLike
Mey Clarissa
November 25, 2014 at 8:41 PM
Setuju Mar, emang ngeganggu bngt spam yg nawarin produk2 perbankan gini, ak jg cape delete2in inbox di smsnya. Kl skrg udah jarang kok sms begini 😀
Next time kalo ditawarin via telp dan udah sangat mengganggu km ancam aja Mar bilang mau laporin ojk hahaha
LikeLike
Okti D.
November 25, 2014 at 9:27 PM
boleh dicontek ya kata-katanya 🙂
LikeLike
Mey Clarissa
November 25, 2014 at 9:44 PM
Boleh mba 🙂
LikeLike
Ailtje Binibule
November 25, 2014 at 10:08 PM
Ini berguna banget. Sejuta terimakasih atas postingannya. Besok gue koar2 juga ke temen2.
LikeLike
Mey Clarissa
November 25, 2014 at 10:27 PM
Semoga membantu yah kak Ailsa 🙂
LikeLike
oncelifetime
November 25, 2014 at 10:36 PM
Oooo… baru tahu lho, thanks for sharing. Soalnya sering banget ditelpon nih.
LikeLike
Mey Clarissa
November 26, 2014 at 10:32 AM
Sama2 ce Elisa 🙂
LikeLike
Arman
November 26, 2014 at 3:32 AM
tinggal dijawab aja: saya udah gak tinggal di indonesia. kelar. 😀
LikeLiked by 1 person
Mey Clarissa
November 26, 2014 at 10:33 AM
Hahaha iya paling gampang yah ko 😀
LikeLike
Rere
November 26, 2014 at 7:34 AM
mey oke banget nih, baru tau lho hahaha lumayan bisa dipake juga kata2nya kalau ada yang nawarin ini itu 😀
LikeLike
Mey Clarissa
November 26, 2014 at 10:33 AM
Iya Re, semoga membantu hihi 🙂
LikeLike
NanaBanana
November 26, 2014 at 11:12 AM
Mey, aku catet ya nih kata-katanya. Sungguh pun ga pernah ditelpon dan ditawarin…tapi sedia payung sebelum ujan yekaaan? *geer selangit*
LikeLike
Mey Clarissa
November 26, 2014 at 11:40 AM
Iyaa Nana, kalo ada yg telpon maksa nawarin produk perbankan lgsg ancam aja hahaha
LikeLike
Pypy
November 26, 2014 at 1:55 PM
Betul Mey, semenjak ada peraturan OJK ini udah jarang sekali ada telpon2.. Meski yg dari DBS tetepp aja masih telpon2.. Akan semakin berkurang karena peraturan gaji 10jt pun masih ada bbrp pertimbangan ut diberikan fasilitas CC lebih dari 2.. Bagus nih sharing bgni Mey, jadi mengedukasi yg baca juga 🙂
LikeLike
Mey Clarissa
November 26, 2014 at 1:59 PM
iya Py gue juga semakin jarang yg nelpon2 and sms nawarin produk bank skrg, thanks to OJK deh 😀
iya skrg CC dibatasin utk yg gaji dbwh 10 juta, tapi tetep aja gampang kok kalo mau boonk soal gaji hahaha
LikeLike
Ditter
November 26, 2014 at 1:56 PM
Wih, baru tau gue, Mey. Tapi beberapa hari yg lalu gue masih sempet liat lowongan telemarketer utk perusahaan asuransi, kalo ga salah. Nekat berarti mereka. Atau kalau nggak belum tau peraturannya 😀
Langsung gue hapal nih kalimat dari lo, soalnya sebelumnya beberapa kali gue dapet tawaran dari telemarketer. Biasanya sih teleponnya langsung gue tutup. Tapi kayaknya nggak sopan banget. Nah, kalau dijawab pakai kalimat dari lo itu kan jadinya lebih santun dan jauh lebih efektik, hehe….
LikeLike
Mey Clarissa
November 26, 2014 at 2:01 PM
iya Dit gw juga dulu sering main asal tutup aja kalo ditelponin penawaran gini.. sekarang jauh lebih efektif biar menimbulkan efek jera juga kan ke pelakunya yg masih bandel nelpon2 hehehe
LikeLike
jendluvu
November 26, 2014 at 3:03 PM
di singapore juga bnyk mey yg marketer2 ginian.. sampe kayanya penduduk sini pada resah.. trus akhirnya government keluarin peraturan baru.. kalo kita daftarin nomor HP kita ke website yg buat no sms / no telp / no email. nanti kita bakalan ga dpt lagi yg begitu2an.. well. kecuali kita sign up lahh. yg itu bakal ttp dapet.. dan bersyukur bngt ada peraturan baru ini, jadi udah jarang bngt deh dpt telpon2 anehh.. haha..
LikeLike
Mey Clarissa
November 26, 2014 at 3:14 PM
Wah di singapore praktek telemarketer jg meresahkan yah Jen haha
Iya enaknya kl bs sistem unsubscribe begini jd kita gausah repot2 ladenin penawaran yg kdg ga penting n buang waktu 😀
LikeLike
mamie funky
November 26, 2014 at 4:00 PM
lhaaa ini barusan gua juga tulis di blog gua…ternyata jawabannya disini toh mey…wahh ampuhh yaa kata2 itu bakal gua pake lah…tengkyu sharingnya berguna banget ..hahhaa
LikeLike
Mey Clarissa
November 26, 2014 at 4:05 PM
Hahaha iya barusan baca blog cc jg 😛
Sama2 ce semoga membantu yaa 😀
LikeLike
sandra
November 26, 2014 at 5:18 PM
waaah baru tau klo ada praturan dari OJK….makasi yaah infonya…
klo aq dulu jawabnya suka ngasal… “mbak…saya kan tinggal nya di kampung,..masa mau beli kangkung mesti pake cc”
btw salam kenal yaah 🙂
LikeLike
Mey Clarissa
November 26, 2014 at 6:22 PM
Hahaha lucu bngt San beli kangkung pake CC 😛
Sama2 semoga membantu yah infonya 🙂
Salam kenal juga Sandra 😀
LikeLike
Breldine
November 26, 2014 at 8:15 PM
Telat muluu liat tulisan kamu 😦
Setahun yang lalu ada yang nelponin engga tau siapa, biasa engga diladenin. karena makin sering nelponnya, aku angkat, eh nawarin kartu kredit. yang aku bingung, dia dapet nomor aku darimana coba. setelah tau kalau ak KTP aja belom punya, langsung engga nelpon lagi.. 😀 😀 ohh gitu ya, peraturan baru ya? bagus nih info nya 🙂
LikeLike
Mey Clarissa
November 26, 2014 at 8:38 PM
Iya Bel emang jaman skrg no telp kita bahaya bs disebar sembarangan.. Ak jg bingung byk bngt yg nelpon nawarin utang gini hehe
Skrg untungnya sejak diatur OJK mereka ga boleh jualan produk asal nelpon lagi 🙂
LikeLike
Info Menarik
November 26, 2014 at 8:34 PM
wah kedepannya meski lebih hati-hati lagi nih menghadapi telemarketer gadungan … 🙂
LikeLike
Mey Clarissa
November 26, 2014 at 8:39 PM
Iya 🙂
LikeLike
Bibi Titi Teliti
November 27, 2014 at 10:14 AM
Oooh…gitu yah Meeeeey?
Cateeeeet!!
Aku merasa sangaaaat terganggu terutama sama yang suka nelfon2 gak tau waktu dan nyerocos susah diberhentiin gitu lho Meeey…bikin emosi deh…
Dan yang paling parah adalah mereka biasa nelfonnya jam bobok siang ku gitu lho, kan jadi pengen nendang kulkas….hihihi…
Makasih tipsnya yah Meeeey…ntar kasih btau suamiku juga deh 🙂
LikeLike
Mey Clarissa
November 27, 2014 at 10:28 AM
iya teh Erry emang aku juga suka kesel tuh sama yg tipe2 maksa kalo udah nelepon. ngoceh ga berenti padahal kita mau jelasin kalo belom btuh..
mending skrg digalakin beneran ya hahaha
sama2 teh semoga membantu 🙂
LikeLike
Maya
November 27, 2014 at 1:06 PM
aaaak ini nih mey yang belakangan bikin gue keki. Lagi nunggu telepon buat pergantian kartu kredit gue yang gagal kirim pas ngangkat telepon ternyata dari telemarketer huuuuh. Kalo gue sih biasanya langsung bilang sorry lagi sibuk/lagi meeting dan tanpa kasih dia kesempatan jawab langusng gue matiin teleponnya. Gak salah juga kan gue udah bilang sorry 😀 *apeu*. Lagian berpanjang lebar sama mereka mah gak ada gunanya, marah marah juga gak ada gunanya mending langsung bilang sorry trus tutup. Mereka juga gak bakal sakit hati kok, paling juga besok telepon lagi 😆
LikeLike
Mey Clarissa
November 27, 2014 at 1:18 PM
Iya ci gw jg sering main ttup aja kalo mereka maksa ngoceh pjg lebar, kdg ada yg dblg “saya ga butuh” masih maksa2 kan..
Ada jg yg dibilang lagi sibuk di jalan atau lg meeting, ga lama dia nelpon lg..
Skrg telemarketer gini udah ada peraturannya gabisa smbarang nawarin produk ke konsumen.. Semoga kita ga terganggu2 lg yah 😀
LikeLike
Maya
November 27, 2014 at 1:22 PM
amin. kadang emang ganggu banget karena mereka telepon suka ga liat waktu. Belum lagi sms. duuuh.
Tapi mungkin someday mesti beneran kita laporin kali ya mey, terganggu ataupun engga biar lebih tertib 🙂
LikeLike
Mey Clarissa
November 27, 2014 at 1:45 PM
Iya ce, biar saling menghargai kerjaan org lain 🙂
LikeLike
Ayu
November 27, 2014 at 2:39 PM
memang perlu extra hati-hati, salam perkenalan ya
LikeLike
Mey Clarissa
November 28, 2014 at 8:32 PM
salam kenal juga Ayu 🙂
LikeLike
Evita
November 27, 2014 at 3:39 PM
kalo gua, pas dia tanya ibu ada waktu? saya bilang gak ada. Hahaha.. Kalo dia masih maksa cuma 2 menit kok, gua iyain, *sambil liatin jam* tapi kalo lewat 2 menit, gua bilang pak/bu waktunya udah abis *niat banget yah gua*
Paling males kalo dapet asuransi yang dapat rekomendasi dari bank. Masa nabung sampe bertahun2 bunga juga gak dapet. buat gua, nawarin ginian harus face to face lah. mana bisa si lewat tlp. apalagi kita kalo orang awam yang ditawarin. bisa kejebak. hehehehe
LikeLike
Mey Clarissa
November 27, 2014 at 3:41 PM
Iya ce temen gw ada yg kejebak insurance nya ax* , cm dicover kesehatan doank apa jiwa doank pdhl dia mau yg lgsg cover asuransi kesehatan n jiwa skalian..
Niat bngt smpe liatin jam gitu, gw sih 2 menit aja sayang dengerin mereka, lebih kejam ya hahaha
Skrg udah berkurang kn yg nawarin produk keuangan gini asal nelpon n sms soalnya peraturannya udah gaboleh 🙂
LikeLike
Beby
November 27, 2014 at 6:11 PM
Aku kok ya pernah dapet ginian, Mey. Masaaaa nawarin ke mahasiswi skripsi yang ngga ada duitnya. Penghinaan banget kan! Wkwkwk 😀
LikeLike
Mey Clarissa
November 27, 2014 at 7:45 PM
Aku juga sebel ditawarin begini Beb, membuang waktu hahaha 😛
LikeLike
Melissa
November 28, 2014 at 9:31 AM
thanks infonya.. eh tapi, ntar kalo mbaknya pinter bisa jawab2 gw yang melongo hahaha *buta ttg dunia keuangan*
LikeLike
Mey Clarissa
November 28, 2014 at 9:44 AM
Hahaha yg penting kl mmg yakin ga butuh lgsg blg aja ce saya ga butuh dan anda ga boleh sembarangan nawarin produk2 ini lg 😝
LikeLike
Mey Clarissa
November 28, 2014 at 8:31 PM
salam kenal Riri 🙂
LikeLike
littlethingsonmymind
December 2, 2014 at 9:53 AM
Wah, aku baru tau info ttg OJK, bisa mati kutu nih telemarketer nya dijawabin begitu hahaha. Aku paling sebeeeeeeeeeelllll kl ditelponin pas jam kerja, ya ampunnnnnn –__–‘ ganggu bgt deh.
LikeLike
Mey Clarissa
December 2, 2014 at 10:16 AM
Iya kak, skrg enaknya telemarketer begitu gaboleh sembarangan lagi nelepon2, mmg paling males yah kalo lagi jam kerja ditawarin begitu hehe
LikeLike
Ryan
December 2, 2014 at 3:05 PM
tips keren. baru tahu soal aturan OJK. sebenarnya sih masih kurang paham fungsi OJK (walau ada temen angkatan yg dah di OJK juga… hahaha). Btw, ada info soal kartu kredit gak Mey. ada yang bilang tahun depan dibatasin per orangnya.
LikeLike
Mey Clarissa
December 2, 2014 at 3:13 PM
Iya ko, mulai 1 januari 2015 kan semua transaksi pakai CC wajib menggunakan pin, skrg ada websitenya, cek di siapPin deh.. Dan utk karyawan yg gaji bulanan dibawah 10juta dibatasin jumlah CC dan limitnya kan 🙂
Aku ga banyak pakai CC sih jd ga ngikutin bngt detail beritanya haha
Btw ada yg masuk OJK? Angkatan 12 kan yah ko? Lupa2 inget hehe
LikeLiked by 1 person
Ryan
December 2, 2014 at 3:15 PM
ooo jadi yang dibatasi jumlah kartu kreditnya itu untuk yang dengan gaji tertentu ya? katanya dibatasin dua doang ya satu orang. di tempat mantan kita kan itu setiap buka pasti minimal dapat dua. jadi dah gak bisa lagi dong di tempat lainnya?
angkatan 8 Mey.
LikeLike
Mey Clarissa
December 2, 2014 at 3:30 PM
Iya sekali dapat 2 disana, dan iya denger2 maksimal 2 CC aja per org kalo gajinya dibawah 10 juta. Kalau gaji diatas 10 juta kayanya cuma dibatasi limitnya sesuai nominal gaji deh ko, ga diatur jumlah CC nya berapa.. Tapi aku juga ga yakin n ga jelas denger infonya karena cuma denger sekilas di radio hehehe 😛
LikeLiked by 1 person
eddyjp
December 6, 2014 at 12:26 AM
Yang telp kan beda beda ngaku dari bank yang sama, mungkin 3rd party, jurus OJK mempan emang ? daku sih langsung tutup aja, kalo iseng biarin ngoceh sendiri 🙂
LikeLike
Mey Clarissa
December 6, 2014 at 1:04 AM
Aku untungny mempan pak, biasa mereka tau diri n lgsg minta maap kl ak bilang dia gaboleh nawarin gitu lg sama OJK 🙂
Iya kdg kl ga sempet jg lgsg tutup hehehe
LikeLike
el rasya
February 21, 2015 at 11:55 AM
jujur sblm w tahu dunia telemarketer atau direct marketer w juga sama seperti kalian sebel dh angkat tlp tp ternyata dr merka..memang sih terkesan memaksa tapi itulah mekanismenya mereka..kalian tahu ga menjadi seorng marketer itu adalah slah satu kerjaan yg halal loh bukan penipu atau koruptor..jd tolonglah jgn smpe galak, bilang sja maaf saya sdng sibuk terima kasih …sebagian dari mereka pun bakalan menghargai koq..y memang bnyak jg yg bandel..so sejauh tdk merugikan secara financial why not bukan
LikeLike
Mey Clarissa
February 23, 2015 at 2:17 PM
hai Rasya, terima kasih komennya 🙂
iya biasa saya selalu jawab dengan sopan pada awalnya dgn bilang ga butuh dan terima kasih, yg digalakin biasanya hanya telemarketer yg bandel dan maksa nelpon terus kok, meskipun telepon sebelumnya udah saya jawab dan matikan dengan sopan hehehe
LikeLike