baca dulu cerita interview hari pertama gw disini dan disini..

hari jumat di akhir bulan agustus, sesuai janji, gw ketemu di restoran 24 hours deket kantor gw sama Mr. Moi.. gw sengaja berangkat lebih pagi, jam setengah 7 uda sampe di TKP, dan pesen makanan plus bayar duluan πŸ˜›

seorang bijak pernah mengajarkan gw, “never let a man pay for you, before he’s officially be your someone” someone disini lebih mengarah ke pacar sih sebenernya, tapi prinsip gw mengatakan someone ini bisa siapa saja, termasuk seorang bos πŸ˜€ karena Mr.Moi ini belom resmi jadi bos gw, gw ga bersedia kalo dia yg traktir sarapan gw, makanya gw dateng n bayar makan duluan hehe

setelah itu gw Whatsapp dia kasih info kalo gw udah di tkp, just take your time and no need to rush sir.. dibales be there shortly, ga lama dia muncul dan kaget liat gw uda pesen makanan.. lalu dia ikutan pesen makan deh.. sambil ngoceh kalo dia bermaksud traktir gw breakfast tapi gagal karena kalah cepet sama gw πŸ˜†

selesai makan dia tanya, apa gw tertarik menjadi CFA (chartered financial analyst).. gw jawab udah lama gw incer CFA, tapi gw milih kelarin master dulu baru ambil CFA.. menurut dia, pendidikan gw terlalu lokal, ijazah sarjana dan master gw hanya berlaku di indo, dan sertifikat2 banking gw yg lainnya termasuk brevet pajak A-B itu ga berlaku kalo diluar negeri *hikss

dia bilang mau bayarin gw ambil CFA (approx. USD 4.000), sama seperti dia bayarin CFA nya ko Timo (tanpa kontrak kerja apapun). gw ga perlu say thanks sama dia kalo dibayarin CFA, karna ini buat kepentingan dia kok, sebagai financial consultant, syarat dia bisa dapetin klien2 gede yah semua team membernya wajib CFA (CFA ini sertifikat internasional utk jadi ahli keuangan n investment portfolio, dan ilmunya sesuai bngt sama kerjaan gw ngurus merger, acquisition and restructuring MNC).

masalahnya adalah pendidikan CFA itu 3 tahun, dan gw baru bisa mulai kalo udah kelar master. dia blg ga bersedia nunggu gw sampe kelar master, jadi gw disuruh batalin master gw (yg uda lagi thesis) dan pindah jalur pendidikan ke CFA. *oke shock part 1

lalu Mr.Moi tanya soal gw harus tunggu bonus dr kntr skrg utk bayar biaya kuliah gw dibulan februari itu. dia tny, memang gw gabisa bayar biayanya sendiri (25 juta itu) kalo ga dapet bonus dari kntr skrg. gw jawab aja gabisa (sesuai instruksi ko Timo).. lalu dia blg simple, gw batalin S2 gw skrg, jadi february gw ga perlu bayar kampus 25 juta, jadi gw ga perlu nungguin bonus dr kntr yg skrg, gw bisa join di company dia secepatnya deh *shock part 2

perasaan gw lgsg ga enak deh.. gw jawab satu2 ide dia.. first, I wanna finish what i started.. so gw gamau batalin S2 gw yg udah mulai thesis skrg, kalo dia maksa gw ambil CFA skrg, gw nekat jalan barengan deh CFA sambil kelarin master (malemnya gw diomelin ko Timo, karna menurut dia gw ga akan sanggup ambil CFA barengan kuliah master)

second, gw bener2 mau bertahan sampe akhir tahun disini utk bonus gw, utk bayar biaya kuliah di february (dan sisanya mau buat holiday ke tempat sahabat gw study) *kalimat dalam kurung cukup gw sebut dalam hati

then dia okey kalo gw maksa mau kelarin master, tapi dia ga bersedia nunggu gw sampe awal 2015 baru join.. dia kasih solusi, nanti february dia akan kasih gw pinjeman deh 25 juta itu buat bayar kuliah, gw bs bayar potong gaji setiap bulan, tanpa bunga.. gw ga mau lah, ngapain ngutang sama dia kalo gw bisa dapetin itu dengan maksa bertahan dikit lagi disini.. come on, 2015 udah 4 bulan lagi, bersabarlah dikit sir πŸ™‚ lagian kalo gw join dia skrg, gw harus batalin plan holiday gw kan, ga mgkn baru mulai kerja malah cuti 2 minggu πŸ˜†

karena sama2 ga mau ngalah, dia ga mau nunggu sampe akhir tahun, dan gw gamau resign skrg dan kehilangan bonus gw, so batal lah rencana kerjasama kita.. dia mau cari kandidat lain yg bisa join secepatnya 😦

jam 8 gw jalan kekantor dan bekerja seharian dengan perasaan murung.. gw pengen kerjaan ini, gw tertarik liat daftar kliennya, gw suka company dan bossnya, gw pengen ambil CFA dan seneng banget kalo ada yg mau bayarin.. tapi gw bener2 ga rela kehilangan bonus gw yg udah 4 bulan lagi dalam genggaman..

bener2 didepan mata, dan kalau gw dibilang terlalu money oriented, believe me, this bonus is really big for me (maybe its just a little money for you).. i worked here for about 3 years, and the best thing about this company was the end of the year bonus, its far above my monthly salary.. and I really need that money for my college fee, i dont want to withdraw my saving account until 25 millions, which takes a lot of months for me to reach that amount of savings, and of course i never will ask my parents to help me for this college fee..

and after i paid my college fee, i still have some amount from that bonus to use for traveling abroad, to pay for the round flight ticket, the visitor visa and all the expenses I will need when i finally catch up with my best friend that have been so long time separated from me for studying there.. we have planned for this months before! and hopefully i still have some amount from that bonus to add to my saving account.. see, how important that bonus for me 😦

all I can do at that time was only pray and hope, and at that night I found this bible verse so I must have faith, God knows what belongs to your life and what doesn’t. Trust and let go. Whatever is meant to be there, will still be there πŸ™‚

…to be continued…

Mey

