setelah cerita panjang lebar tentang pengalaman camping gw selama libur lebaran kmrn, gw dapet kesimpulan yg bisa jadi tips and trick kalo gw mau camping lagi dimasa mendatang :

1. surprisingly gw ga kangen sama hp gw sedikitpun.. malah jujur gw enjoy bngt selama camping kmrn terlepas dari HP.. rasanya hidup jauh lebih bebas dan nyaman tanpa gangguan gadget disaat berkumpul sama org2 yg kita sayang 🙂

2. dalam kelemahan kita dikuatkan. gw biasa gampang lemes kalo hiking, kmrn pas ke air terjun pun sempet keleyengan dan mau jatoh, tapi gw inget kasus mawar yg udah duluan merepotkan kelompok, gw gamau jadi org kedua yg merepotkan kelompok gw. jadi gw paksain diri KUAT KUAT KUAT ga boleh pingsan, nanti merepotkan yg lain lagi.. udah kasian mereka kecapean urus mawar.. and I made it yay!

3. sadar diri punya maag n gmpg lemes.. selama camping dapet waktu buat makan susah banget, bener2 mesti nyolong waktu n ngumpet2 dari panitia kalo mau makan.. mereka susun jadwal mepet soalnya. so gw bela2in deh isi perut sedikit demi sedikit, mulai dari gadoin nasi putih (karna belom sempet masak lauk), makan nasi pake kuah sayur asem polos (isinya belom mateng), makan nasi putih pake kecap or kerupuk, sampe ngemis2 ke tenda keliling minta nasi n lauk disaat kelompok gw bener2 belom sempet masak apapun.. semua gw lakukan demi perut yg terisi, soalnya kalo kelaperan bahaya takut pingsan pas hiking, mana gw juga ada maag.. so berulang kali kelompok gw harus nunggu gw isi perut dulu sebelum jalan, memang sih merepotkan bikin mereka nunggu, tapi lebih merepotkan kalo gw kenapa2 pas hiking kan (jujur gw salut sama peserta camp yg lain, sanggup beraktivitas tanpa isi perut sedikitpun).. kuncinya cuma 1 : tau diri dan sadar kondisi kesehatan masing2 🙂 salah satu penyebab Mawar step yah ini, perut ga diisi apapun dan main hiking aja.. udahannya kelompok gw diomelin sama panitia “kenapa ga maksa mawar makan dulu tadi sebelom jalan?” lah gw juga ga dipaksa siapapun tapi maksain diri makan, padahal bener deh gw tuh paling pemilih soal makanan.. si mawar pas ditanya kenapa ga makan aja kaya gw, jawabnya dia ga biasa makan nasi putih doank kalo gada lauk.. wew situ kira gw di jkt biasa dikasih makan sama emak gw nasi putih tanpa lauk? hehe.. tak lupa kita omelin balik panitianya yg ga kasih kita waktu utk masak n makan dulu sebelum beraktivitas!

4. atur metabolisme tubuh.. gw gabisa jelasin caranya yg jelas gw selama camping berhasil mengatur waktu gw ke toilet hanya 3 kali dalam sehari.. maklum toiletnya jauh dari tenda dan jalanan menuju toilet juga serem kan naik turun tanah becek yg licin! belom toiletnya kotor, gelap, sempit hehe *namanya juga perkemahan, bukan hotel* jadi gw ke toilet hanya pagi pas bangun tidur (sekalian cuci muka sikat gigi), siank/sore pas jatah gw mandi, dan malem bener2 sebelum masuk tenda utk tidur.. diluar itu gw gapunya keinginan sedikitpun utk ke toilet even sekedar buang air kecil (padahal di jkt gw ke toilet 9 kali sehari).. thanks God gada panggilan alam yg harus gw tahan2 segala, ga sehat loh kalo nahan2 keinginan ke toilet 😀 sebelum tidur didalam tenda gw selalu berdoa jgn sampe malem ini mendadak gw pengen ke toilet, bisa nangis gw dr tenda jalan sendiri ke toilet pake senter..

5. yuk kita berhitung.. isenk aja pengen tau gimana cara panitia mengatur waktu mandi pesertanya. total peserta camping 120, diluar panitia yg 40 org yah.. anggap peserta seimbang 60 cewe dan 60 cowo dan anggap panitia mandinya beda waktu sama kita (kenyataanya peserta sering antri brg panitia pas mau mandi).. bilik toilet cowo ada 3, yg cewe ada 4.. dikasih waktu 60 menit utk mandi (plus masak n makan). utk 60 peserta cewe, dibagi 4 bilik toilet, setiap bilik menampung 15 peserta utk mandi.. dalam waktu 60 menit harus ada 15 peserta yg gantian mandi, artinya setiap cewe jatah mandinya 4 menit.. jangan suruh mandi barengan karna biliknya cuma seukuran 1×1 meter! menurut gw standar cewe mandi yg bersih 10 menit lah ya.. so jangan katakan saya jorok kalo selama camping hanya mandi sekali dalam sehari hihihi

6. nurut sama mami! gw bawa ransel udah berat bngt ada selimut n jaket tebell, belom nenteng sleeping bag.. mami gw maksa bawa 1 jaket tambahan yg tipis aja, jaga2 kalo hiking mataharinya terlalu terik dan kulit gw mulai merah2 (gw alergi sama matahari). kenyataannya matahari disana ga terik2 amat karna ketutup pohon2 di hutan.. untung banget bawa tuh jaket perintah mami, kan hari pertama tenda gw yg baru setengah jadi keujanan (banjir) dan ransel gw kerendem air yg mengakibatkan jaket tebel n selimut gw basah total (gabisa dipake sama sekali sampe pulang jkt). kalo gada tuh jaket tipis bisa mati kedinginan deh *matinya lebay tapi kedinginannya serius, dingin buangett*

7. terlepas dari panitia yg susun rundown acara mepet banget, mandi n makan cuma sejam, hiking mlm n jurit mlm sampe jam 2 pagi baru boleh tidur, dibangunin jam 5 subuh utk senam, hiking sepanjang hari dgn medan yg serem banget, plus keadaan mawar yg sakit dan kita dianggap ga kasih makan.. gw bener2 apresiasi kerja keras panitia yg udah adain camping ini.. serius deh secara tempat n acara termasuk seru kok, jauh lebih bagus dibanding camping gw jaman LDK SMA di gunung salak. games2nya di setiap hiking juga seru n fun, meskipun gw gasuka main berendem lumpur, basah2an cemplung sungai, kotor2an, sirem2an air comberan, gelantungan di tali tambang.. tapi itu bener2 kerja keras mereka adainnya, siapin perlengkapannya ga gampang loh! lalu malam terakhirnya juga keren banget api unggun, pesta kembang api dan BBQ bakar2an sate rame2 🙂 satu2nya acara yg paling enggak banget yah cuma jurit malam, sisanya OKE dan TOP! gw berusaha memaklumi alasan mereka gamau ambil alih mawar dari kita, karna mereka mikirin peserta lain.. kalo mereka fokus ke mawar, pasti acara berantakan n yg jadi korban seluruh peserta lain.. Puji Tuhan mawar pulang dengan selamat dan panitia berhasil menyelesaikan semua tugas dan acara camping dengan EXCELLENT 🙂

so enggak nyesel2 amat deh gw ikut camping ini.. sedikit trauma n shock hanya karna kasusnya mawar, tapi acara campingnya sendiri ga terlalu bikin kapok hehe.. (pantesan pesertanya ngulang2 terus tiap tahun, pada ketagihan kalo buat anak2 yg pecinta alam n hobi hiking nih).. saatnya bersabar hingga libur panjang berikutnya, and I wish this time for beaching!