yg mau baca cerita detail gw tentang camping di Situgunung (Sukabumi) dan pengalaman mengerikan yg gw alamin 2 kali disana bisa buka linknya yah..

hari selasa, 29 July 2014 adalah hari terakhir camping.. bangun2 pagi kita masak abis2in bahan masakan, bagi2 telor yg udah kita bawa dgn susah payah dr Jakarta (kalo ga abis repot bw pulangnya), lalu sarapan dan bungkus2 buat bekal makan siank dibus.. setelah masak kita beres2 packing dan robohin tenda deh..

lalu kumpul di lapangan dan upacara penurunan bendera merah putih.. selesai upacara, ada pangumuman dari panitia dan bagi2 hadiah utk pemenang hiking malam, hiking siank, talent show, games memasak utk panitia dll.. kelompok gw dapetnya hadiah juara 1 utk hiking malam.. (di setiap hiking selalu ada post2 yg berisi games2 dari panitia yah.. gamesnya jorok2 tapi seru deh berendem lumpur, nyemplung ke sungai, gelantungan di tali tambang dan banyak main yg basah2an)

selesai pengumuman pemenang n bagi2 hadiah mulai digilir turun berkelompok sambil bawa segala perlengkapannya ke gerbang utama tempat kita turun bus waktu pertama dateng.. sekitar 1 jam jaraknya dari perkemahan.. sampe parkir bus ternyata kita disuruh naik angkot kecil warna merah sama panitia, busnya kali ini menunggu di pasar cisaat..

di pasar cisaat ketemu tukang gorengan yg jualan ga jujur.. harga gorengannya 2ribu dapet 3 pcs, tapi kita beli 10ribu cuma dikasih 14 pcs pas temen gw ngitung (seharusnya 15pcs).. lalu temen gw protes dan abangnya sambil muka jutek kasih satu lagi gorengannya.. ternyata dia mmg sengaja loh ngurangin 1 gorengan dari yg seharusnya, keliatan soalnya dia sengaja ngitung utk kasih kita 14 pcs doank..

ternyata kelompok2 sebelumnya juga senasib ma kita, mereka beli ceban rata2 dapetnya 14 pcs semua, cuma mereka gada yg seteliti temen gw ngitung jd ga ngeh.. baru ngehnya pas kita tanyain dan mereka mulai itung2an deh tiap org makan berapa dan ketauan totalnya cuma 14 pcs yg dikasih abangnya..

setelah itu mulai kasak kusuk kasihtau anak2 lain yg mau jajan gorengan, kita bilang jangan lupa ngitung kalo beli.. ada yg udah beli n bayar, pas itung kurang satu gorengannya dan samperin abangnya, langsung dikasih tambahan sepotong gorengan sama abangnya tanpa basa-basi (abangnya udah tau memang dia kasihnya kurang 1).. alhasil abang gorengan ngambek dan pasang muka keki sama rombongan kita selama lagi berkeliaran jajan disana hehe..

kita tentu aja bukan masalah sepotong gorengan yg harganya ga sampe seribu rupiah, cuma kita gasuka liat gaya abangnya cari rejeki ga jujur begitu.. kalo emang ga ikhlas kasih 15pcs gorengan dengan harga ceban, yah naikin aja harganya jadi seribu pergorengan, kita lebih rela bayar agak mahal kan daripada dia bohongin semua pembeli 😦

setelah jajan gorengan, es cincau, cilok, bakso, es jelly dll baru deh naik ke bus dan berangkat pulang ke jkt.. sepanjang jalan dibus tidur semua karna kecapean.. total perjalanan dari sukabumi jam 4 sampe jam 8 dibus.. sampe jakarta bekal yg kita bawa buat dibus belum kesentuh sama sekali, kenyang soalnya kebanyakan jajan di pasar cisaat..

lalu gw sama temen2 sekelompok jalan kaki kerumah ketua PD gw bantu dia bawa barang.. kompor, gas ijo, 3 aqua galon, panci, kuali, ember dll kebetulan plg banyak berasal dr rumah dia yg kita bawa camping 😛 mawar kita suruh balik duluan tapi dia anaknya setia kawan jadi mau ikut kita angkut barang.. sampe rumah sang ketua PD, ternyata mamanya masak ketupat opor ayam rendang dll ngikut yg lebaran (persis banget sama mami gw, org yg lebaran kita ikut masak ketupat dll hehehe) jadi kita disuruh makan dulu, sekalian ngabisin bekal yg kita bawa dibus..

jam 10 malem balik dr rumah ketua PD gw dan sampe rumah teler.. mandi bentar lgsg tidur deh.. rabu istirahat seharian! maksud hati pengen pergi massage n reflexy karna pegel2 seluruh badan, trus rencana pengen masker dan luluran juga karna kotor banget selama 4 hari camping ga ngurus kulit.. boro2 pake krim pelembab muka, sunblock n body lotion aja ga sempet (emang gw ga bawa sih), intinya 4 hari kulit bener2 terekspos tanpa perlindungan apapun hahaha.. kenyataannya rabu bener2 males gerak jadi cuma tidur2an dirumah dan ngabisin ketupat, makanan, kue2 lebaran yg dibikin mami 😛 kamis diajak liburan keluarga ke Taman Safari..

dibawah ada beberapa foto yg baru gw dapet dari panitia acaranya (gada yg bawa kamera dari kelompok gw), khusus foto yg menampilkan mawar sengaja ga dipajang di blog 🙂

oo

beresin perlengkapan sebelum berangkat

hiking siank hari kedua

lum

pos paling jorok, cari tali biru yg terkubur dibawah lumpur

mey

sayang ga ladenin yg ngajak tarohan kalo saya ga akan mau main ginian 😛

er

mukanya sengaja ditemplok ke lumpur.. itung2 masker gratis

sungai

pindahin gundu pake sendok di jari kaki – gundunya lebih suka nyemplung di sungai

teko

persiapan hiking ke air terjun.. semua lock n lock udah diisi air putih.. kelompok gw hiking bawa teko isi teh manis – cara minumnya : tinggal tenggak 😛

a

makan siank ditengah perjalanan

air terjun

rebutan ransum

waterfall

yeahh.. Situgunung Waterfall 🙂 its so coldddd

ko

BBQ and api unggun.. mlm terakhir dengan temen2 baru

maap yah foto2nya narsis semua.. emang gada pemandangan yg bagus2 juga sih buat difoto panitianya, semua hutan biasa dengan jurang lembah dan pohon pada umumnya.. pengen foto games di hiking yg kita gelayutan di tali tambang sambil lepasin tali (ala fear factor), tapi ga ketemu yg punya kelompok gw.. foto tenda dan toilet juga ga ada, padahal itu yg jadi ciri khas camping hehe

bbq

kenapa idung gw ada koyoo