cerita pengalaman ke kebun binatang dari seorang yg ga banyak mengerti tentang hewan, ga aktif dalam gerakan animal welfare, bahkan sampe skrg masih menjadikan daging hewan sebagai makanan utama..

sepulang camping dari Sukabumi, hari rabu gw istirahat seharian dirumah karna diajak keluarga gw kamisnya ke Taman Safari..

kamis, 31 July 2014 (lebaran hari keempat) berangkat dari rumah jam 6 pagi karena takut macet.. bener aja pintu tol ciawi macet panjaang, lalu kita diarahkan ke jalur alternatif di pinggir tol..

yg repot dgn jalur alternatif adalah anak2 muda cowo yg setiap beberapa meter pasti ada dan minta uang.. itung2 upah mereka arahin jalan.. cuma 2 ribu sih, tapi total2 sepanjang jalur alternatif ada kayanya 20 kali setor 2 ribuan ke mereka, anggap jalur alternatif ni semacam tol dengan biaya total 40 ribu yah 😀

ketika didalam gang jalur alternatif ini jam 9-11 kena tutup jalan akibat one way utk yg dari bogor ke jakarta.. meskipun didalam gang kecil kena juga tutup jalannya, banyak yg keluar mobil utk nongkrong2 n ngerokok dipinggir jalan, ada juga yg mampir ke warung2 sepanjang gang.. gw dan keluarga didalam mbl 2 jam malah foto2 selfie sampe bosen lalu baca novel, ngemil, tidur dll..

setelah one way gantian utk yg dari jakarta ke bogor, kita lgsg jalan lancar, ga ada macet dan tersendat2 lagi sampai di taman safari (ada bagusnya sih model buka tutup jalan ganti2an begini, daripada ga gerak samsek).

harga tiket masuk taman safari perorg 140 ribu, mobil 15 ribu.. habis beli tiket numpang ke toilet sebentar dan ternyata toiletnya bersih loh 🙂

 

wpid-20140731_142252.jpg

koleksi terbaru Taman Safari Indonesia, PINGUIN 😀

 

didepan sempet beli wortel 4 iket 10ribu (ga pake nawar) buat kasih makan rusa dan kambing rencananya.. akibat nonton Running man yg edisi mereka di Taman Safari, kita ada rencana mau foto selfie pas kasih makan wortel ke rusa, mau foto sama monyet yg namanya Chelsea, mau foto selfie sama macan dari dalem jendela mobil, mau kasih makan singa laut dari mulut, mau sisirin rambut singa, pokoknya ngikutin tantangan yg ada di running man deh hahaha

akibat hari libur dan taman safari rame bngt, jadinya di area hewan2 jinak (area pertama dari pintu masuk), yg kita cuma boleh duduk dimobil, macet dan tersendat2 jalannya.. banyak mobil yg berhenti buat kasih makan wortel ke rusa / kambing (dipanggil ke jendela).. hewan2nya kmrn sepi banget sampe gw pikir apa mereka ikutan manusia mudik lebaran juga kali

berkali2 kita berusaha manggil rusa dan kambing mendekat buat makan wortel yg kita sodor2in dari jendela, gada yg mau dateng.. kayanya mereka kenyang deh kebanyakan yg kasih makan sejak kmrn, mana banyak banget wortel yg bertebaran di kaki hewan2 itu yg lagi selonjoran.. mungkin pengunjung2 didepan hopeless kali sodoroin wortel hewannya gamau dateng, jadi mereka lempar wortelnya ke arah hewan2 itu duduk.. yg ada hewannya ga akan samperin mobil2 lagi kalo disodorin wortel, secara dikaki mereka uda berlimpah stok wortel bisa buat seminggu kali 😀

abis lewatin daerah hewan jinak (rusa, kambing, unta, hippo) yg kita boleh buka jendela, kita masuk ke area hewan2 buas dimana jendela mobil wajib ditutup.. area ini isinya macan dan singa, tapi sama kaya di area depan, hewannya dikit banget dan bener2 males2an kmrn.. hampir semua macan dan singa yg kita lewatin lagi tidur, kita sampe bosen deh.. rencana kesini pengen liat hewan, tapi hari itu hewan2nya gada yg menarik.. apa kebanyakan manusia dan mobil yg dateng kali, jadi hewannya ga tertarik main di jalan.. semua mendekam di kediaman masing2, membuat kita gabisa liat dari deket dan gabisa ajakin foto selfie dari jendela mobil huhuh

sempet ada beberapa kejadian dimana ada macan and singa mendekat ke jalan dan samperin suatu mobil, langsung dideketin sama petugasnya dan itu macan singa lari ngibrit donk.. duh kasian banget gw kalo liat hewan lari tunggang langgang begitu pas disamperin sama petugas.. hati gw agak sakit loh kmrn, ngebayangin apa yg dilakukan petugasnya terhadap hewan2 itu sampe mereka sedemikian takutnya 😦

sekitar jam 1an kita sampe di area parkiran mobil, lalu turun dan makan siank yg kita bawa dari rumah.. sengaja bawa makan siank karna rencananya mau piknik disini, dan dirumah masih banyak makanan lebaran yg dimasak mami (bekal kita isinya rendang dan opor ayam). kue2 lebaran juga kita bawa jadi cemilan kmrn 😀

selesai makan kita jalan kaki deh liat2 hewan lain, ada monyet, orangutan, reptil, siamang, bayi macan and singa, burung2 dll.. di bagian orangutan, bayi macan and bayi singa bisa minta foto bareng dgn biaya 20 ribu, koko gw foto tuh tapi gw ga tertarik soalnya udah punya foto bareng bayi singa and macan waktu di jatimpark (malang) tahun lalu hehehe

 

wpid-img_20140731_224917.jpg

selfie with kangaroo

 

karna mau nonton wild west show (cowboy show) jam 15.30, kita gabisa liat show lain sebelumnya (padahal gw pengen nonton show gajah, macan, buaya and singa laut).. maklum cowboy show tuh katanya paling bagus, paling rame dan banyak peminatnya.. shownya baru mulai jam 15.30 , tapi dari jam 14.30 keluarga gw udah ikutan antri rame bngt tuh didepan pintunya..

setelah menunggu sejam, jam 15.30 baru dibuka pintunya dan kita nonton deh wild west show.. model shownya mirip pirates show di Universal studios, ada area penonton yg akan basah.. ada gedung2 yg terbakar, ada kejar2an n pertarungan antara cowboy, ada yg nyebur ke sumur.. overall shownya lumayan keren and bagus, seru juga sih liat action pas berantem2nya.. cuma pas adegan tembak2an pistol and ledakan petasan berisik bngt..

 

wpid-img-20140805-wa0008.jpg

tidak pakai tongsis

 

selesai wild  west show, didepannya ada dolphin show yg baru mau mulai.. awalnya gw gamau nonton dolphin show karna kasian (baca ttg dolphin captivity) tapi keluarga gw mau nonton.. shownya standar dolphin show lah, disuru lari ngejer bola, lompatin lingkaran, itungan matematika, dll.. lucu, pinter dan gw suka banget liat dolphin, tapi gw merasa mereka lebih baik dibiarkan bebas di habitat aslinya 🙂

selesai dolphin show gada show lain udah kesorean.. kita pindah ke area depan yg waterpark mini and dufan2an, ada kora2, ontang anting, komedi puter dll. sempet masuk kerumah hantunya yg gada serem2nya sedikitpun hahaha

jam 6 sore kita udah mau pulang karena mau makan malem di Cimory Riverside (udah rencana sebelum berangkat). sayangnya ada pengumuman kalo jalanan dipintu keluar TSI (Taman Safari Indonesia) ga gerak sama sekali yg ke arah jakarta n arah bandung.. semua pengunjung yg mau pulang diharap jgn keluar skrg karna percuma.. ternyata yah itu pengunjung yg pake mobil juga gabisa gerak sedikitpun didalem TSI, untung kita jalan kaki dan naro mobil di parkiran bawah td..

terpaksa kita harus nyari tempat duduk, keliling cafe semua penuhh, beruntung nemu satu meja kosong di salah satu resto, namanya Rimba kayanya.. makan sate ayam seporsi 35 ribu, pengen cobain tahu telor n gado2nya seporsi 25 ribu tapi udah abis.. makanan disini mahal ga enak dan ga mateng, kayanya akibat keramean deh yg makan.. sempet pengen nyerah n mkn malem disini aja, tapi ga rela dan tetep pengen dinner di cimory, jadi nahan laper deh hehe

 

wpid-img-20140805-wa0007.jpg

kelakuan selama 2 jam numpang duduk di resto 😛

 

sempet tergoda lanjut safari night karna diskon 50% (kalo siangnya beli tiket normal, mau lanjut safari night cukup bayar 70ribu), cuma kita males nginep karna ga bawa baju.. setelah 2 jam bersabar didalem resto, akhirnya kita liat mobil2 yg didalem TSI (mereka dateng utk safari night) mulai bergerak. cepet2 jalan ke parkiran deh, proses keluar dari TSI bener2 nyiksa banget, penuh semua mobil berebutan pengen keluar TSI juga!

setelah keluar TSI jalanan lancar jaya karna lagi one way utk yg arah jakarta.. dilema deh kita jadi makan cimory apa ngebut ke jakarta, soalnya kalo mampir makan cimory kemungkinan pas selesai udah gantian one way yg ke bogor, harus nunggu 2 jam lagi baru jalan.. mikir2 yaudah tetep mampir cimory, soalnya udah kelaperan juga n butuh dinner (itu jam 9 mlm)..

ternyata Tuhan berkehendak lain, sampe cimory udah tutup restonya, cuma bisa belanja susu di supermarketnya, padahal selama ini dinner cimory sampe jam 10 last ordernya.. kmrn katanya keramean yg makan di resto jadi dari jam 8 udah last order.. yaudah kita lgsg menuju jakarta deh mumpung lancar, nanti cari dinnernya pas udah di jkt 🙂

karna jalanan lancar, ga sampe 2 jam udah di jakarta, cari2 resto yg buka 24 jam dan kita pilih dinner (supper?) di Yaudah Bistro Menteng.. pesen beef stroganoff, pork chop, sama penne arabiata.. menu2 bratwurst dan german fries yg kita incer udah abis (nasib dateng tengah mlm).. biasa gw makan yaudah bistro selalu enak, kali ini gada yg enak deh.. beef stroganoff terlalu encer, pork chop terlalu kering dagingnya, penne arabiata terlalu asem sausnya.. mana side dishnya cuma sisa boiled potato, sungguh2 supper yg mengecewakan 😦

 

wpid-20140731_222141.jpg

Ya Udah Bistro

 

overall kunjungan ke TSI kali ini kurang memuaskan karna ga berhasil liat byk show and liat hewan2 lucu.. kayanya mending dateng hari minggu biasa daripada libur lebaran gini..

gw sempet keseeell banget sama seorang pengunjung di area orangutan (antara kita dan orangutan ada sungainya).. jadi kan ada tulisan dilarang kasih makan hewan yah (utk keamanan hewan n anda sendiri). nah didepan gw ibu2 dengan santainya makan nasi pake ayam KFC, terus si orangutan namanya hewan yah minta donk.. tangannya dipanjang2in terus minta dilempar makanan.. si ibu sih baik mungkin yah ga tega liat OT nya minta, jadi dia lempar deh berkali2 ayam n nasi yg dia makan.. masalahnya dia lemparnya ga sampe ke si OT, selalu jatoh ke sungai.. nah OT nya donk mukanya mau nangis pas liat makanan yg dilempar ibu2 itu jatoh ke sungai, sampe mereka melolong dan kaya pengen nyebur ke sungai gitu, gw udah serem dan takut kalo mereka beneran nyebur sungai buat ambil makanannya.. kasian banget liat ekspresinya OT, kita yg liat bs ikutan sedih loh!

beberapa kali hati nurani gw juga tersentuh liat hewan2 disana yg keliatannya sedih, terutama hewan2 yg ikutan show di wild west show dan dolphin show yah.. gw takut mereka disiksa selama dilatih utk show2 itu.. mgkn ini juga yg menyebabkan gw agak males kunjungin kebon binatang selama ini, kadang kasian liat hewannya 🙂

berharap semoga pihak kebon binatang selama ini mengurus dan merawat hewan2 yg dititip disana dengan baik, karena gimanapun hewan2 juga makhluk hidup yg punya hak disayangi dan dirawat utk kebahagiaannya 🙂

 

wpid-20140731_142317.jpg

best ladies of my life 🙂

 

with love,

Mey

Advertisements