seperti gw cerita sebelumnya kalo libur panjang lebaran thn ini gw isi dgn camping sama temen2 gw di perkemahan situgunung di Sukabumi..

hari pertama, sabtu 26 july kita disuruh kumpul di gereja jam 6 pagi, ada misa pembukaan jam 7, lalu beres2 barang n ngaret jam 11 baru berangkat dari jkt menuju sukabumi.. perkiraan awal panitia berangkatnya jam 9 dan sampe kemah jam 1, bisa lgsg masak makan siank (makanya mereka ga sediain makan siank kotakan dibus), tapi karna macet jam 4 sore baru sampe.

selama perjalanan, peserta camping di bus (termasuk gw dan temen2 sekelompok) minta panitia stop di rest area ijinin kita makan siank karna semuanya kelaperan (secara jam 6 pagi udah kumpul di gereja dan belom makan siank). tapi panitia ga ijinin karna jadwal acara mepet akibat berangkatnya ngaret. jam 4 turun dari bus, lanjut jalan mendaki kearah perkemahan kita diatas sambil bawa segala perlengkapan (kompor gede, tabung gas, aqua galon 3, bahan2 masak, beras sekarung, ransel n sleepingbag dll).

kurang lebih jam 5 baru sampe lapangan dlm keadaan lemes akibat blm makan dan jalan mendaki bawa sekian byk barang. sampe lapangan kita disuruh bangun tenda sendiri berkelompok.. kelompok gw naik terakhir (dari 10 kelompok waktu turun bus, panitianya bikin urutan supaya yg mendaki naik bergiliran dan kelompok gw naiknya terakhir)

 

wpid-img_20140802_194937.jpg

nunggu giliran selama 9 kelompok lain naik ke perkemahan duluan (mawar ga ada karna dia yg fotoin)

 

sampe perkemahan beberapa kelompok tendanya udah jadi (terutama kelompok yg naik pertama dari turun bus). tenda gw lagi tengah2 dibangun, panitia manggil kita utk upacara pembukaan.. padahal ujan lagi turun. kita blg kelarin tenda dulu mereka ga kasih.. jadi deh kita upacara pengibaran bendera merah putih diguyur ujan.. selesai upacara tenda kita basah kuyup dan ransel2 kita juga basah.. gw bawa selimut dan 2 jaket (tebel n tipis), hanya selamat 1 jaket tipis, sedangkan selimut dan jaket yg tebel basah kuyup kerendem tas yg keujanan.. baju2 ddlm ransel jg byk yg basah hikss

selesai upacara sebenernya waktu makan malem, cuma dikasih sejam sama panitia utk mandi sore n mkn malem.. (literally selama camping panitia selalu hanya mengalokasikan waktu sejam utk peserta mandi n mkn, padahal makan kita masak sendiri.. alhasil setiap kelompok harus pinter2 gantian mandinya.. sehari cuma bisa mandi sekali, sisanya masak gantian temennya yg mandi.. pas gw yg mandi, temen gw yg masak jadi dia gabisa mandi)

berhubung tenda basah kuyup, kelompok gw gada yg sempet mandi n mkn deh, beresin tenda n ransel masing2 yg keujanan. selesai beresin tenda masak indomie biar cepet soalnya ga keburu masak nasi. gw sadar diri perut laper dan punya maag, ga boleh makan indomie, jadi belaga pengemis minta nasi putih ke tenda sebelah n mkn pake kecap or kerupuk juga bisa. sayangnya seluruh tenda yg gw mintain nasi juga ga masak nasi, mereka juga cuma masak indomie, sama ky kelompok gw mikirnya praktis makan mie karna masak nasi pake dandang dan masak lauk ga keburu sejam..

satu2nya harapan nasi putih cuma panitia karna mereka punya listrik dan rice cooker, cuma saat gw kesana nasinya baru aja abiss.. hiks yaudah nekat gw mkn indomie malem itu sama temen2 kelompok gw yg lain, tapi minum obat maag dulu yah (kondisi gw kelaperan sejak jam 11 siank bus berangkat dari jkt, dan jam 8 malem gw hanya bisa makan indomie saking lapernya dan gada makanan lain yg cukup nambah tenaga.. huhu please maag go away from me)

selesai makan indomie yg ternyata ga bikin kenyang n ga nambah tenaga gw, kita hiking malam.. harusnya jadwal malam pertama jurit malam, cuma karna ujan dan lilinnya pasti mati, diganti jadi hiking malam deh (jurit malemnya dituker jd minggu mlm).. kita hiking dalam kondisi ujan2an naik turun tanah lumpur becek pake senter gelap2an, digigit pacet n serangga di tangan n kaki, selesainya jam 3 pagi.. yup panitianya bikin acara hari pertama selesai jam 3 pagi baru kita dikasih tidur..

hari kedua, minggu 27 July, dibangunin jam 5 pagi utk mandi dan jam 6 mulai acara senam pagi dari panitia.. setelah itu dikasih waktu sejam utk mandi n makan pagi, sekalian dipesen siapin bekal makan siank buat dibawa hiking. karna acara hari ini gw akan hiking jam 8 pagi sampe jam 4 sore.. jgn tanya gw dimana otak panitianya yg cuma sediain waktu satu jam utk mandi dan masak plus makan sarapan pagi n siapin bekal makan siank.. gw juga ga tau dimana otak mereka dititipkan ketika susun jadwal acara ini..

intinya kita ngebut lah masak n siapin bekal makan siank buat dibawa hiking (pagi2 buta kita udah bangun duluan masak nasi). lalu cerita hari kedua yg isinya pengalaman mengerikan gw saat hiking dan jurit malem udah gw ceritain yah..

hari ketiga, Senin 28 July alias hari raya Idul Fitri, bangun2 teler semua karena semalem kurang tidur abis jurit malem dan di tenda sepanjang mlm gabisa tidur karna kuatir si mawar!

jadwal kegiatan hari ketiga paginya kita hiking ke air terjun yg jaraknya lebih jauh daripada hiking kmrn. kita bawa bekal mkn siank lagi karna hikingnya dari pagi sampe sore.. liat kelompok lain pinter banget cuma bawa termos air panas dan popmie 10 cup.. kelompok gw masak sarden, telor ceplok, chicken wings, bawa nasi, abon sapi dan kerupuk jg, bener2 kaya mau piknik di air terjun.. hehe

sempet ada drama si mawar merengek pengen ikut ke air terjun, baru sehari sebelumnya dia step sampe 2x dan sianknya hampir masuk jurang pas hiking.. kelompok gw menolak ajak dia hiking, bukan jahat tapi kita yakin kondisi fisiknya ga memungkinkan.. panitia ga mau ajak dia hiking juga, jadi deh dia ditinggal di tenda dengan muka mau nangis karna gabisa liat air terjun..

selama hiking gw yg tugasnya minta istirahat dan duduk n minum bentar kalo udah ngerasa kecapean n ga kuat.. maklum udah gada mawar jadinya gw yg paling lemah dlm kelompok gw skrg hehe

 

wpid-img_20140802_194824.jpg

panitia yg ngajak narsis di air terjun

 

Β balik2 dari air terjun udah sore.. langsung mandi keramas.. lalu kita yg cewe2 masak mkn malem sedangkan yg cowo2 tepar kecapean jd mereka sempet tidur sebentar.. selesai mkn malem kita misa (model kebaktian padang diatas rumput ibadahnya), lalu talent show perkelompok, api unggun dan barbeque sekalian pesta kembang api.. udah malem terakhir jadi happy2 doank isinya..

gw blm cerita yah kamar mandi disini jaraknya harus naik turun tanah becek lagi dari tenda, sekitar 15 menit tapi tanahnya licin bngt dan serem kepeleset setiap ke kmr mandi.. kmr mandinya standar di perkemahan yah, jorok dan tanah lumpur semua isinya, mana airnya asli dari gunung yg dingin banget!

mawar disuruh istirahat di tenda maksa mau ikut misa dan api unggun.. selama misa lagi2 dia aneh2 dikit2 liat ke atas dan kearah hutan.. gw kebetulan duduk sebelah mawar pas misa.. udah hopeless deh berkali2 dinasehatin misa yg bener, liat pastor didepan tetep aja nih anak kaya ada yg manggil dari segala arah gitu, dikit2 nengok keliling lapangan! gw sampe ga konsen misa jadinya gegara kuatirin dia.. call me lebay tapi beneran gw masih trauma duduk sebelah dia, takut mendadak stepnya kumat ditengah misa dan gw gabisa apa2.. jadi gw awasin dia deh dan abis itu gw omelin panitianya.. gw bilang ke panitia, gara2 kalian panitia ga bersedia awasin mawar, kita yg harus jagain dia dan berakibat gw ga konsen sepanjang misa!

sebelum misa sebenernya panitia udah bilang sama mawar suruh packing dan beres2 supaya bisa pulang malem ini ikut pastor.. (pastornya selesai misa dianter pulang ke jkt naik mobil panitia).. panitia juga janjiin kita mawar akan dianter langsung kerumahnya dan serah terima sama ortunya.. kita bener2 kasian sama ortunya yg kuatir karna mawar kan anak tunggal yah.. si mawar maksa gamau pulang malem itu dan pengen full camping sampe hari terakhir.. yaudah gada yg bisa maksa, memang mawar kebetulan ga sadar kondisi kesehatannya sendiri dan ga terpikir sama dia kalo keberadaan dia disana bikin kita ga enjoy menikmati acara karena setiap saat kuatirin dia..

selesai misa kita talent show.. ada kelompok yg nari, nyanyi, drama, parodi iklan, sitkom, film, video klip, perkusi band dll.. kelompok gw bikin parodi video klip dari lagu korea, mawar ikutan tampil disini karna dia yg minta.. selesai talent show mulai deh api unggun dan pesta kembang api yg disediain panitia, keren kok kembang api dan acara api unggunnya πŸ™‚ lalu kita barbeque rame2 bakar sosis bakso dll sambil happy2 semaleman.. disinilah kita membaur jadi satu seluruh peserta camping, banyak ngobrol dan kenalan sama peserta dari kelompok lain juga.. tak lupa berkeliaran aksi cowo2 yg minta pin BB hehe..

si mawar selama BBQ dan api unggun kembali aktif kesana kemari lari2 nari2 nyanyi2 cari perhatian sama kelompok2 lain, anehnya dia ngaku sama kita kalo dia kedinginan dan lemes banget badannya, tapi masih ada energi buat keliling2 begitu.. kena deh dia diomelin sama panitia dan temen2 sekelompok gw.. thanks God malem ketiga mawar ga kambuh stepnya sehingga kita bisa tidur agak tenang..

hari terakhir next post deh udah kepanjangan πŸ™‚

 

wpid-img_20140802_194450.jpg

pas acara api unggun.. kita mojok buat siapin BBQ

 

wpid-img_20140802_194114.jpg

menunggu sate mateng πŸ™‚

 

 

with love,

Mey

Β 

Advertisements