akhirnya setelah sekian lama gw masuk tipi lagi hahaha *serasa artis*

seminggu yg lalu ketika lewat lobi kampus, ga sengaja gw liat standing banner dgn tulisan “Deddy Corbuzier come to this campus”, ada logo Hitam Putih juga di bannernya.. gw emang sejak awal tayang suka nonton talkshownya Hitam Putih, karna bintang tamunya sering bagus dan gw suka cara si Deddy bawain acaranya lucu banyak bercanda.. sejak kuliah emang sih uda lama ga nonton hitam putih karna gw dikampus ga ada TV *mau kuliah apa mau numpang nonton*

gw lgsg catet nomor HP yg ada di banner itu buat minta tiket gratisnya donk.. sayang aja melewatkan kesempatan ntn langsung talkshow kesayangan gw ini, apalagi shootingnya di auditorium kampus tercinta dan pas ditanggal gw ga ada kelas šŸ˜€

kebetulan temen kampus gw ada yg fansnya deddy corbuzier, gw cerita deh pas sampe kelas kalo hr rabu tgl 18 juni Deddy bakal dtg kesini shooting hitam putih..langsung mau temen gw diajak ikutan minta tiket.. temen2 gw ga ada yg liat standing banner di lobi bawah soalnya kan kebanyakan parkir di basement dan langsung pake lift basement naik ke lt 14 (kelas gw)..

pas gw sms contact personnya, gw disuruh ambil tiketnya jam makan siank besok.. gw nego minta sisain tiketnya karna sore gw baru bisa kekampus, siank kan ngantor pak! ga bisa katanya tiket hanya bisa diambil selama jam makan siank.. secara ajaib juga hari itu laptop temen gw rusak dan harus lgsg dibawa ke mangdu buat service.. laptopnya lagi dipake thesis makanya harus diservice secepatnya nguber deadline.. besoknya temen gw ijin kantor mau ke mangdu service laptop, sekalian deh mampir kampus ambilin tiket buat kita berdua šŸ˜›

ternyata tiketnya buat 2x shooting, pertama yg jam 3 sore utk tapping, lalu jam 6 utk yg livenya langsung tayang di TV. gw kan rencananya cm bisa ikut yg live karna jam 3 masih dikantor, untungnya bos gw lg liburan dan gw jadi bisa keluar kantor dari siank.. (kerjaan gw memungkinkan buat keluar2 kantor kalo bos ga ditempat)

rasanya bener2 kebetulan gw jadi juga ntn hitam putih live.. gw jg aslinya jarang banget loh lewatin lobi kampus, biasa jg dr basement lgsg pake lift ke lt 14.. dan kalopun gw lewat lobi ga pernah nengok kiri kanan hehe.. kmrn kebetulan lg lewat lobi pas banget bannernya baru dipasang disana!

jadi deh rabu tgl 18 juni kmrn gw masuk TV sebagai penonton hitam putih. pengalaman sebelumnya jd penonton sih di acara Kick Andy dan Mario Teguuh Golden Ways (MTGW). temen gw ada yg kerja di metro TV dan sebenernya kapanpun gw pgn ntn langsung talkshow2 begitu bisa aja tinggal minta tiket, cuma gw baru mau nonton lgsg pas bintang tamunya yg gw suka *milih2 juga kalo mau masuk tv*

kmrn gw jalan dari kantor jam 2 siank, lancar jaya sampe kampus belom kena macet *seandainya tiap sore begini jugaaa* sayangnya kalo siank masuk kampus parkiran penuh seamit-amit sama anak2 S1 hehe.. kalo sore kekampus jalanannya macet tapi parkirnya lancar karna mahasiwa S2 kan ga sebanyak S1 yah!

abis ketemu temen gw, langsung naik ke ruang auditorium dan ternyata antriannya udah panjang banget sampe belok2!

wpid-20140618_152330.jpg

itu yg pintu coklat auditoriumnya, antriannya perbaris sekitar 5 orang dan barisannya udah lurus sampe mentok terus belok ke kanan sampe mentok lagi terus belok lagi.. parah banget dah! maklum sih jam segitu mahasiswanya udah pada bubaran kelas kan hehe

wpid-20140618_154132.jpg

selfie dulu sebelum dipaksa pake jas almamater šŸ˜›

wpid-img_20140619_002924.jpg

killing time hahaha

setelah antri setengah jam akhirnya auditoriumnya dibuka juga dan kita diijinin masuk. disobek dulu tiketnya sebelum masuk kaya bioskop, tak lupa dipaksa pake jas almamater supaya kece pas masuk Tv.. sayangnya jas almamater gw kegedan banget huahaha

wpid-2014-06-19-00.31.48.png.png

panggung auditorium didekor mirip banget studio Trans 7 hihi

utk show tapping yg jam 3 bintang tamunya kemarin Andrew Darwis (pendiri Kaskus) dan Nycta Gina. kalo Nycta Gina kan udah terkenal yah dan udah sering juga jadi co-host nya deddy di hitam putih. dia seorang dokter cantik, muda, entertainer juga.. orangnya lucu n cantik banget deh kmrn, dan ternyata prestasi dia sbg dokter keren loh, padahal kan sibuk yah sambil kerja jadi artis.. salut deh šŸ™‚

lalu bintang tamu utamanya si Andrew Darwis juga bikin gw kagum deh! dia aslinya seorg yg kuper gitu dulu.. istilahnya dia menyebut dirinya seorang nerd/geek/freak! jaman SMA hidupnya bergaul sama komputer doank, hobinya dari dulu bikin website dan coding / programming gitu..

tahun 1998 (usianya 18 tahun) dia minta org tuanya sekolahin dia ke Seattle, USA demi memperdalam ilmu komputernya. awalnya ortunya ga kasih ijin karena sulit biaya, tapi mamanya yg usahain cari penghasilan tambahan buat modal dia ke USA.. hanya dikasih biaya untuk berangkat (tiket pesawat dll) dan biaya sekolahnya, untuk biaya tempat tinggal dan makan selama disana mamanya suruh Andrew harus langsung kerja.. dan memang begitu sampe USA dia kerja serabutan macem2 termasuk jadi pelayan burgerking!

di sekolahnya dia dapet tugas pertama bikin website pribadi. tetapi Andrew orangnya introvert and ga pede bikin website yang menceritakan dirinya sendiri *aku juga pemalu kok bang tapi berani bikin blog hahaha* jadinya dia bikin websitenya berbentuk forum deh, disanalah berdiri Kaskus. nama kaskus sendiri pada awalnya berarti Kasak-Kusuk, disingkat kaskus!

modal awal dia bikin kaskus cuma buat beli domain seharga $7.. ternyata trafficnya tinggi dan membernya juga banyak yg daftar, jadi dia (beserta 2 org temannya bernama Budi dan Ronald) terusin website ini, bulan berikutnya bayar domain $15, lalu berikutnya $26.. sampe akhirnya ketika traffficnya semakin parah hosting dia ga mau meneruskan kerjasama lagi dan dia harus beli server sendiri.. modal server pertama yg dia beli seharga $1500..

meskipun traffic sangat tinggi dan member nambah terus, tapi forumnya sebenernya ga gitu aktif dan ga ada penghasilan sampe bertahun2. akhirnya kedua temannya (budi dan ronald) menarik diri dari usaha ini dan bilang sama Andrew utk nerusin Kaskus sendiri aja *duh ga kebayang nyeselnya mereka sekarang*

tahun 2008 ketika Andrew ngobrol sama sepupunya si Ken Dean, sepupunya bilang sama dia kalo kaskus dengan traffic yg demikian sebenarnya bisa jadi besar dan punya potensi menghasilkan uang yg sangat byk. akhirnya pada 2008 dia dan sepupunya pulang ke Indonesia dari Seattle dengan misi memperbesar Kaskus di tanah air..

ketika awal2 mulai nawarin iklan di kaskus, pinternya si Andrew bersandiwara jadi banyak peran. dia bikin banyak akun admin dengan berbagai jabatan berbeda di kaskus. ada yg namanya Yohana ngurus pembayaran, namanya Ridwan ngurus design iklan, dll.. padahal sebenernya itu semua akun dia. menurut dia perusahaan akan lebih tertarik pasang iklan jika ngerasa kaskus ini perusahaan gede dan profesional, dibanding kalo mereka tau ini hanya one man show (Andrew Darwis kerjain semuanya sendirian dengan kerja keras dan ketekunan dia)..

semakin lama kaskus semakin besar dan menghasilkan banyak uang yg ga pernah dibayangin Andrew dan keluarganya sebelumnya, kerja keras hampir 10 tahun baru kaskus bisa menghasilkan uang. kedua temannya tadi ketemu dia dan bilang nyesel banget dulu ga bertahan sama dia!

banyak perusahaan yg mulai nawar kaskus, termasuk Yahoo yg tahun 2010 nawarin 12 juta dollar! tapi Andrew kekeuh gamau jual kaskus ke perusahaan luar, katanya kalo Yahoo yg beli kan perusahaan Amerika, sedangkan dia mau Kaskus memperkaya Indonesia! jadi di tahun 2012 baru deh dia terima tawaran dari perusahaan lokal GDP (anak perusahaan Djarum) dan jelas tawarannya berkali lipat dr tawaran yahoo!

saat ini kaskus punya penghasilan bulanan sekian M rupiah, dengan jumlah karyawan 140 org dan kantornya didesign dgn sangat nyaman kaya dirumah / hotel deh.. ngikutin kantor google katanya! lalu di usia 34 tahun saat ini, Andrew masih belum menikah dan belum punya pacar juga.. Deddy tanya “you’re young, you’re handsome, you’re rich, you’re successful, why you don’t have any girlfriend?”

Andrew ngaku baru aja diputusin sama pacarnya, karena dia bener2 sibuk banget dr dulu ngembangin kaskus sampe ga pernah mikirin perempuan! pacarnya protes dia ga pernah punya waktu utk dia dan hanya kerja hidupnya.. cukup beralasan tapi hebat juga yah pacarnya putusin dia yg sukses begitu šŸ˜€

ternyata si Andrew sampe 34 thn baru 2x pacaran, waktu SMA jaman2 dia masih kuper, sama yg kemarin baru aja diputusin! selama 9 tahun di Seattle sama sekali ga ada perempuan dlm hidupnya.. kayanya pacarannya sama komputer dan kaskus doank ya šŸ˜› duh ngmg2 tipe pria idaman loh dia ini, muda, lumayan ganteng, sukses, kaya, takut akan Tuhan (dari isi omongannya kmrn), pekerja keras, ga playboy pula hahaha

setelah sukses, cara dia membalas jasa org tuanya skrg tiap tahun komit ajak mereka jalan2 keluar negeri.. soalnya dia jarang banget dirumah, bisa ga pulang seminggu karna kebanyakan kerja.. katanya tanpa ijin dan modal dr mamanya dia ga akan bisa berangkat ke Amerika šŸ™‚

wpid-3b817b71f2d6896104d6f540ac66d9fb.jpeg

posisi duduk di atas dan pojok jadi ga masuk TV

tapping utk episodenya Andrew Darwis selesai jam 5an, lalu kita dikasih keluar auditorium sebentar sampai jam 6 masuk lagi utk show yg live nya..

utk yg live malam itu bintang tamunya Raeni, seorang mahasiswi dengan IPK 3,96 dari Universitas Negeri Semarang. dia anak seorang tukang becak yg pas wisuda dianterin ayahnya naik becak.. berkat prestasinya sebagai lulusan terbaik, dia dikasih beasiswa oleh presiden kita, Bapak SBY utk melanjutkan S2 ke London.. pas di Jakarta utk menemui SBY, dia juga naik becak loh ayahnya yg narik šŸ™‚

dia cerita betapa bangganya dia terhadap ayahnya yg meskipun cm seorg tukang becak, sanggup cari rejeki yg halal utk ngasih dia pendidikan sampe jadi sarjana. duh jd terharu liatnya, bener2 diajar utk lebih bersyukur dan bekerja keras deh! apalagi denger cerita ketika ayahnya utk pertama kali beli kemeja, celana bahan dan sepatu pantofel yg bagus supaya anaknya ga malu pas wisuda.. hikss.. tentu aja anaknya ga perlu merasa malu punya ayah seperti beliau, tukang becak juga pekerjaan yg mulia šŸ™‚

selain Raeni ada Vidi Aldiano juga, penyanyi yg baru menyelesaikan pendidikannya di London.. yah dia sharing2 ke Raeni yg baru mau berangkat ke London gitu.. buat yg nonton hitam putih kemarin udah tau yah episodenya si Raeni dan Vidi ini..

gw bersyukur dapet kesempatan bs nonton langsung talkshow hitam putih.. meskipun ga masuk TV sama sekali kayanya, memang tujuan utama gw kan mau denger talkshownya šŸ˜› sebenernya kmrn byk dikasih kesempatan bertanya dan kalo kita mau nanya pasti masuk TV, cuma gw ga kepikiran pertanyaan apapun dan ga pede juga ah masuk TV dengan jas almamater kegedean gitu hahaha

Btw kmrn adalah pertama kalinya Hitam Putih goes to campus dan kampus gw dapet kesempatan perdana utk dikunjungi oleh mereka šŸ˜€ berikutnya mereka akan ke kampus2 lain juga sih hehe.. kalo yg mau kampusnya dikunjungi juga bisa kirim email ke mereka..

bagus kok acaranya dan gw dapet banyak inspirasi kmrn, memang tema talkshow yg dikampus kan disesuaikan untuk membangun dan memotivasi kita yg muda2 agar terus berkarya dan belajar meningkatkan kualitas diri šŸ™‚

wpid-mtf_reqxz_2303.jpg

with love,

Mey

Advertisements