tanpa bermaksud menyombongkan diri, gw pengen mengenang kisah mengenai seseorang yg telah berjasa merubah jalan hidup gue sejak SMP šŸ˜› bukan orangtua gue, bukan keluarga ataupun saudara gw, bukan guru gue, bukan teman apalagi mantan pacar, bahkan namanya pun gue gatau sampe skrg.. tp berkat beliau gue dapet prestasi (akademic only) yg cukup baik sejak SMP dan berlanjut hingga gw bs dpt beasiswa pas kuliah.. hey hey siapa diaaa?

dari SD gw sekolah ga pernah dilesin dan ga pernah dapet ranking. gw beruntung dpt ortu yg bijaksana n ga pernah maksa gw belajar utk dapet ranking di sekolah, pernah sih disuru nyokap les bahasa inggris pas SD tapi gw ga betah n gamau jd distop deh (skrg pun gw ga nyesel biarpun inggris gw pas-pasan). kalo temen sekelas gw byk yg ortunya maksa anakny les keliling n semua ulangan harus dapet nilai 100, terus rapot hrs selalu ranking 1 (semakin lama uda ga byk anak2 SD yg bernasib begini kan?) jaman SD gw gila main n nonton sih sm baca novel, buku pelajaran SD ga pernah gw buka dirumah termasuk pas ulangan umum. PR jg gw slalu kerjain di sekolah. pokoknya bener2 parah banget males belajarnya

nilai gw semasa SD standar sih ga tinggi and ga rendah lah, dikelas ada di tengah2 juga kalo ranking! ortu gw santai n ga peduli jg yg penting naik kelas. tapi guru SD gw suka senewen liat nilai gw pas-pasan karna menurut mereka gw sebenernya anak yg pinter, iya Puji Tuhan tanpa pernah belajar gw masih bisa kerjain semua soal ulangan dengan standar, ada kemungkinan itu berkat IQ gw yg menurut hasil test 140 aja katanya. lah masih SD gw ga terima donk kalo ditegur guru katanya IQ tinggi harusnya gw dapet nilai tinggi. gw ga merasa ada korelasi antara IQ (Intelligent Quotient) sama nilai deh! kalo skrg sih gw no komen deh IQ ini ngefek apa engga, sepertinya skrg lebih penting EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient) yah *CMIIW

btw sekedar sharing yah, pas tes IQ smp dan sma kan gw tetep tuh ceritanya menurut hasil IQ gw tinggi, karna byk yg suru tanyain akhirnya penasaran lah gw tny nyokap kenapa bisa gw koq 140 hasil tesnya. kata nyokap emang semasa gw di perut dy rajin makanin hati sapi, telor ikan dan segala protein yg kt dokternya bagus buat perkembangan otak anak dlm kandungan šŸ™‚ ditambah gw ASI eksklusif 2 tahun (sampe umur 2thn gw gabisa makan apapun selain ASI dan harus langsung, gamau yg pompaan. makanya jgn ngomel kalo gw skrg manja parah sm nyokap n gabisa dilepas hahaha)

jaman gw sekolah dr SD sampe SMA kan masih ada ranking kelas yah (sekarang setau gw uda jrg rapot ditulis rankingnya). gw donk dr SD sampe kelas 1 SMP ga pernah sekalipun masuk ranking 10 besar hahaha bangga šŸ˜€ ya ga pernah belajar dan kerjain PR ngarep darimana dapet ranking, standarnya gw selalu ranking 15-20 lah dari 30an murid!

lagian gw ngeliat tmn2 gw yg dpt ranking tuh males bngt deh, dimata gw mereka kasian banget kerjaannya belajar, kutu buku and ngeles keliling. kebetulan anak yg ranking 1 dikelas gw cowo, namanya M, dia tuh kisah nyata loh dipaksa mamanya belajar tiap hr pulang sekolah, ngeles full seminggu, ga boleh nonton TV baca komik dll, ulangan wajib dapet nilai 100 kalo ga diomelin mamanya. pokokny sedih bngt lah hidupnya dimata gw, membuat gw merasa anak yg ranking 1 itu menyedihkan hahaha (belakangan gw menjilat ludah sendiri)

eh kelas 2 SMP gw pertama x dpt ranking, semester 1 ranking 7 sih dikelas dari 30an murid, jd gw santai2 aja ga heboh or kaget gmn gitu, anggep aja itu berkat nilai fisika gw yg bagus (gue suka fisika waktu SMP hihihi). eh pas semester 2 nya scr ajaib gw dapet ranking 2 dikelas, ranking 1 tetep si M.

wuih ini gue bukannya seneng tp bete bo! apa -apaan gue ga mau disamakan dengan anak2 ranking yg menyedihkan itu. saking betenya gue sampe ngecek raport temen gw yg biasanya ranking diatas gw, pengen tau apa salah gue sampe mendadak dpt ranking 2 dikelas.

ternyata bukan nilai gw yg membaik tp nilai temen2 gw yg turun dan menyebabkan gue jd dpt ranking 2 huhuhu. gue liat total nilai raport gw sm yg semester 1 (pas gue ranking 7) sama, jadi temen2 gw itu yg nilainy turun parah banget.

orang yg berjasa merubah hidup gw yg gw sebut di paragraf 1 di atas ini adalah MAMANYA SI M. dia tau gw dpt ranking 2 kaget, merasa gw ky saingan baru anaknya gitu kan. selama ini kalo ambil raport dy kan cuma perhatiin anak2 yg pinter donk yg saingan anaknya, ibu2 yg dy ajak ngobrol jg tentu hrz ibu2 yg anakny ranking jg donk dikelas. nyokap gw ga prnh sekalipun diajak ngbrol sm dy klo ambil rapot.

mendadak tau dr guru gw kalo anakny dapet saingan baru dikelas dy lgsg melototin gw gitu, blg sm guru gw kok bisa skrg ranking 2 nyasar ke gw šŸ˜¦ trz gw ditanya lgsg loh, katanya dgn sinis “kamu tukang nyontek yah skrg?” yg mana gw lg sibuk menganalisis nilai raport gw jd ga gw ladenin aja tuduhannya! hari itu jg pertama kalinya beliau ajak ngmg nyokap gw, nyokap gw diinterogasi sm dia kenapa gw yg biasa ga pinter skrg bs ranking 2 šŸ˜¦ intinya keliatan jelas kalo dy curiga deh sm gw

FYI salah gw juga semasa SD kelas 6 gw pernah nyontek rame2 pas ulangan, penyebabnya karna kelas 5 gw dpt ranking 22 dari 30 murid, gw takut bu ga lulus SD hahaha nyokap gw uda ngancem kalo gw ga lulus SD gausah sekolah SMP lagi, mau lgsg disuruh kerja jd tukang potong benang di konveksi *_*

tau tuduhan dy ke gw, nykp gw santai banget dengernya, namany dy kenal anakny dr lahir uda taulah gw ga bakal merasa perlu nyontek hanya demi nilai tinggi, kan nykp tau klo gw ga tertarik jd anak yg pinter, yg gw pikirin cm gimana supaya naik kelas tanpa pernah belajar dan bikin PR hehehe

guru dan nykp gw santai denger dy nuduh gw nyontek, GUE YG GA SANTAI! apa apaan dia, gw lg bete karna dpt ranking dy pake nuduh ygĀ  engga2. selagi bete dan curhat sm nyokap gw blg sm nyokap, bener kn selama ini gw ga tertarik jd anak pinter (jaman gw sekolah soalnya kepintaran anak cm dinilai dr ranking kelas doank)

eh si nyokap malah mencetuskan ide “brilian”. katanya kalo gw bete sm mamanya si M gimana kalo gw kelas 3 belajar serius aja supaya dpt ranking 1 terus mamanya si M gondok. gw lgsg tertarik n nurutin dy tuh, gw blg ntar kelar libur gw belajar beneran ah kelas 3, syukur2 dpt juara umum seangkatan n bw pulang piala yg diincer mamanya si M šŸ˜€ dlm ati nyokap gw bete juga, nih anak mau belajar n dpt piala bukan buat maminy sendiri mlh buat emak org hahaha

di SMP gw tuh ada 3 kelas seangkatan total 100an murid lah, stiap thn klo graduation yg dpt juara umum dipanggil maju ke atas panggung bareng org tuanya dan dikasih piala gitu. setahun sebelumnya cc gw lulus dr SMP ini n gw liat nyokap gw maju ambil piala juara umum dy, cuma pas itu gw ga tertarik membawa nyokap gw maju sekali lg pas gw yg graduation (durhaka yah) kalo cc gw sih ranking dr SD, emg dy aslinya pinter plus rajin belajar beda sm gw šŸ˜›

long story short kelas 3 gw belajar beneran n rebut ranking 1 plus berhasil jd juara umum n dpt piala. wuih gw bangga bukan cm liat muka nyokap tp liat muka mamanya si M juga hihihi

itulah awal mula gw bs berubah image jd “si always number one”. gw yg dulunya liat org juara kelas itu kasian n menyedihkan ternyata salah, ga sedih2 amat kok jd anak pinter, slh 1 keuntungannya jd byk dikejer cowo ganteng n dapet surat cinta hanya karna status juara kelas huahaha. jaman gw sekolah tuh belom ada ye tren anak pacaran dari SD, anak SMP juga belom byk yg pacaran makanya kalo dikejer cowo tuh rasanya keren šŸ˜€

kalo temen yg kenal gw sejak SMA dan kuliah pada kirain gw emg dr dulu selalu jd nomor 1, hanya temen SD-SMP aja yg mengerti transformasi diri gw dr anak pendiem yg biasa aja mendadak bikin kaget pas maju ambil piala, bener2 diluar prediksi semua orang di sekolah šŸ˜›

gw bener2 berhutang sm mamanya si M yg merubah pilihan gw akan masa depan. kalo gw kelas 3 SMP ga bljr serius karna dy blm tentu gw bs lulus UAN, belom tentu gw bisa pindah ke SMA unggulan tanpa tes n diskon uang pangkal 75%, belom tentu gw bisa dpt beasiswa uang sekolah selama SMA dan lulus juara umum lagi nambah koleksi 7 piala dirumah, belom tentu pas kuliah gw bs dapet beasiswa dari Bank besar dan lulus S1 dgn IPK 4, belom tentu gw bs dpt pekerjaan dan jabatan gw yg skrg, belom tentu gw niat lanjutin master juga hahaha (dan rencananya pengen Doktor AMINNNN)

Tentu yg terutama itu BERKAT TUHAN,Ā  dipengaruhi kerja keras dan hoki gw juga, tapi motivasi awalnya gw ga pernah dapet kalo tanpa beliau šŸ™‚

tambahan ah :

kalo dlm film drama harusnya gw sama si M belakangan saling cinta n jadi pacar trus nikah n mamanya si M jadi mertua gw (maap gw kebanyakan ntn film)

kenyataannya, lulus SMP sampe skrg gw ga pernah kontek lg sm dia, dia lanjut SMA ke sekolah Katolik khusus cowo di Menteng, gw lanjut ke sekolah Kristen yg emg gw incer pas SMP hehehe. kondangan temen SMP dan reuni entah kenapa ga pernah ketemu juga, padahal klo ketemu gw pgn tanya loh nama mamanya dia siapa karna pengen gw doain khusus sbg ucapan terima kasih šŸ™‚ ada sih temenan di facebook tp ga lucu kn nanya nama emakny via fb, dikira mau gw jampe jampe hihihi..

Liat kan motivasi bisa dateng darimana aja, org yg dulu bikin gw kesel ternyata beberapa tahun kemudian gw sangat berterima kasih sm dia, org yg bukan siapa2 bisa punya pengaruh besar bngt dlm hidup gue, dan segala sesuatu terjadi karena suatu alasan dan ada rencana indah dibalik itu semua, bener2 gw rasakan dlm hidup gue dan kalo inget beliau gue semakin bisa menikmati setiap Berkat Tuhan melalui orang-orang yg muncul dlm hidup gw ^___^

mey

foto jadul ambil dr fb

with a grateful heart,

Mey

Advertisements